IPDN Kemendagri Serahkan Bantuan Bahan Pokok Ke Korban Erupsi Semeru

Tue 04-Jan-2022 05:09:00 | IPDN | Admin
IPDN Kemendagri Serahkan Bantuan Bahan Pokok Ke Korban Erupsi Semeru

Lumajang  - Erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) lalu mengakibatkan puluhan warga dilaporkan meninggal dunia, ratusan orang kehilangan rumah dan harta bendanya. Sementara itu, banyak warga luka-luka, luka berat dan luka sedang. Pengungsi terdapat di beberapa tempat. 

Kondisi itu mendorong Civitas Akademika Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) - Kemendagri menyalurkan sejumlah bantuan bagi korban.

Menurut Rektor IPDN, Dr Hadi Prabowo, IPDN - Kemendagri, segenap Civitas Akademika IPDN-Kemendagri berempati terhadap korban akibat erupsi Gunung Semeru. Karena itu, IPDN-Kemendagri menyalurkan bantuan bagi para korban dan diserahkan pada hari Jumat, 10 Desember 2021, pukul 16.00. 

"Bantuan itu berasal sumbangan seluruh Civitas Akademika IPDN dengan jumlah sumbangan yang terkumpul yang diberikan dalam bentuk natura," ujar Hadi, Jumat (10/12/2021).

Dijelaskan Hadi, di Pendopo Kabupaten Lumajang bantuan itu diserahkan dan diterima oleh Wakil Bupati Lumajang, Ka BPBD Lumajang, Ka Bappeda Lumajang dan perwakilan masyarakat terdampak bencana. Adapun jenis bantuan berupa beras, biskuit, mie instan, susu, selimut pempers anak/bayi.

"Bantuan serupa juga kita serahkan di Kecamatan Candipuro dan diterima langsung oleh Camat Candipuro," kata Pak Rektor.

Disampaikan Hadi, bantuan ini diberikan untuk meringkan beban masyarakat yang terdampak oleh erupsi Gunung Semeru. Disebutkannya, bantuan itu jika dirupiahkan berjumlah sekitar lebih kurang Rp.127 juta. "Semoga bermanfaat bagi saudara-saudara kita," jelas Hadi.

Dijelaskan Hadi, penyerahan bantuan dilakukan oleh perwakilan IPDN-Kemendagri yang terdiri atas Warek III IPDN, Ka LPM, Kabag Umum, Pengasuh Praja Putri dan Satuan Praja Asal Pendaftaran Kab. Lumajang.  

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Adwil, Kemendagri), Dr. Safrizal ZA, melakukan Pelepasan Anggota Tim Pendampingan dan Pemantauan Bencana Erupsi Gunung Semeru, Selasa (7/12/2021). Kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Safrizal dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Kemendagri selaku pembina umum penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembina teknis dalam hal implementasi SPM sub urusan Bencana, perlu memastikan agar pelayanan pemerintahan di lokasi dapat tetap berjalan secara optimal. Baik tingkat Provinsi, Kabupaten Lumajang, Kecamatan terdampak, hingga lingkup pemerintahan terdepan yakni desa, RT dan RW.

"Kemendagri melalui Ditjen Bina Adwil menjadi tim awal yang akan melakukan pemantauan ke lokasi erupsi gunung Semeru, sehingga diharapkan mampu mencermati setiap perkembangan yang terjadi di lapangan dalam pelaksanaan urusan pemerintahan yang berkaitan dengan penanggulangan bencana pada tingkat lokal maupun regional," kata Safrizal.

Ia berpesan agar anggota Tim Pendampingan dan Pemantauan Bencana Erupsi Gunung Semeru yang diberangkatkan, dapat terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Lumajang dan Pemprov Jatim untuk memantau kebijakan yang diambil dalam rangka merespon kejadian bencana di wilayahnya.

Selain itu, diharapkan relawan tim dapat berkoordinasi dengan baik dengan beberapa pihak terkait sehingga akan dapat memudahkan koordinasi di wilayah yang ditugaskan. Serta melakukan pemantauan terhadap beberapa data penting, seperti pelayanan pada tingkat kecamatan dan desa di lokasi terdampak, data korban maupun kerusakan.

Sebagai utusan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal juga meminta untuk menjaga nama baik Mendagri dengan melakukan pelayanan sebaik mungkin.

"Sampaikan salam dari Bapak Mendagri untuk Pemda dan masyarakat korban terdampak, dan bahwa penyampaian bantuan tahap awal ini sebagai bentuk kepedulian Kemendagri kepada korban bencana erupsi gunung Semeru. Insyaallah, bantuan tahap berikutnya akan disampaikan setelah semuanya terkumpul," tegas Safrizal.

Lebih jauh, ia juga mengingatkan kepada seluruh Tim Relawan agar selalu disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Turut hadir pada acara Pelepasan, diantaranya Sekretaris Ditjen Bina Adwil, Indra Gunawan S.E, M.PA dan para direktur di lingkungan Ditjen Bina Adwil.


 

Leave Your Comments