Diikuti 200 Pelaku Ekraf dan Tenaga Kerja Naik 3 Kali Lipat, Beli Kreatif Danau Toba Dinilai Berhasil

Tue 04-Jan-2022 12:09:00 | POLITIK DAN UMUM | Admin
Diikuti 200 Pelaku Ekraf dan Tenaga Kerja Naik 3 Kali Lipat, Beli Kreatif Danau Toba Dinilai Berhasil

Jakarta - Diikuti 200 pelaku ekonomi kreatif (ekraf), program Beli Kreatif Danau Toba (BKDT) yang digelar tiga bulan berhasil. Peserta terdiri dari dark subsektor kuliner, kriya, dan fashion dari wilayah kabupaten/kota di seputar Danau Toba dan Sumatera Utara. Program Beli Kreatif Danau Toba telah memunculkan yang positif yaitu tiga kali lipat jumlah tenaga kerja. 

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekaf) Sandiaga Salahuddin Uno. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat atas segala bantuan dan kerja sama yang terjalin, sehingga program BKDT dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi para pelaku kreatif.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian Keuangan (Dirjen Bea dan Cukai, Dirjen Pajak dan PKN STAN) serta BUMN (PT.ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT Pos Indonesia) yang sudah menjadi satu kesatuan dalan memberikan kontribusi terhadap kenaikan omzet para peserta hingga mencapai rata-rata lebih dari 100 persen perbulan," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Minggu,(27/6/2021).

Sandiaga menjelaskan bahwa program Beli Kreatif Danau Toba telah memunculkan dampak yang positif yaitu meningkatnya tiga kali lipat jumlah tenaga kerja.

Jumlah tenaga kerja setelah adanya program Beli Kreatif Danau Toba ini juga meningkat hampir tiga kali lipat pekerja sebelumnya atau mencapai 801 pekerja, jumlah tersebut belum termasuk penambahan reseller mencapai total 3.220 reseller. Selain itu, program Beli Kreatif Danau Toba juga telah memfasilitasi para peserta dengan promosi secara terintegrasi melalui media sendiri dan media berbayar, serta fasilitas gratis ongkir untuk semua tujuan baik di Indonesia maupun luar negeri.  

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti, menambahkan, dengan program Beli Kreatif Danau Toba, total omset peserta selama tiga bulan mencapai Rp22.720.967.647 dengan rata-rata omset perbulan sebesar Rp7.573.655.882 atau naik sebesar 102 persen dari omset sebelum program pendampingan Beli Kreatif Danau Toba yaitu Rp3.755.904.060 perbulan.  Program gratis ongkir kolaborasi dengan PT Pos Indonesia sendiri memiliki daya milik omset sebesar Rp523.642.350.  “Melalui program Beli Kreatif Danau Toba, para pelaku kreatif di wilayah Sumut berhasil melebarkan pasar, baik di marketplace lokal maupun di marketplace internasional, seperti e-Bay dan Poptron," ujar Yuana.

Program Beli Kreatif Danau Toba adalah program yang diluncurkan Kemenparekraf sebagai bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada 2021. Tujuan program ini adalah mendorong UMKM di salah satu Destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara agar dapat bangkit di masa pandemi ini.

Leave Your Comments