Bangkitkan Spirit Bersyukur, Kemendagri Serahkan 235 Hewan Kurban Idul Adha

Mon 11-Jul-2022 21:24:21 | ADMINISTRASI WILAYAH | Admin
Bangkitkan Spirit Bersyukur, Kemendagri Serahkan 235 Hewan Kurban Idul Adha Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro, menyerahkan secara simbolis daging kurban kepada perwakilan mustahik. Foto: Humas Kemendagri
JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri melaksanakan penyembelihan dan penyerahan 235 hewan kurban kepada para mustahik sebagai rangkaian perayaan Idul Adha 1443 H/2022. Sekretaris Jenderal Kemendagri,  Suhajar Diantoro, melaksanakan penyaluran secara simbolis hewan kurban di Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Senin (11/7/2022).

Menurut Suhajar Diantoro, Idul Adha adalah momen untuk mengingatkan agar selalu bersyukur atas nikmat kehidupan,  baik sebagai yang berkurban maupun yang menerima kurban.

Sekjen bersyukur dan terimakasih untuk pegawai dan unsur individu lainnya yang telah ikhlas berkurban serta menunjukan tingkat kesadaran mengorbankan sebagian rasa memiliki kepada orang lain.

Menurut Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, A. Fatoni, yang menjadi ketua Panitia Idul Adha 1443 H/2022 M di lingkungan Kemendagri dan BNPP, jumlah hewan kurban yang terkumpul dari seluruh komponen Kemendagri termasuk IPDN dan BNPP sebanyak  235 ekor.

Hewan kurban terdiri dari 92 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 142 ekor kambing. Hewan tersebut berasal dari komponen di Kemendagri dan BNPP, yaitu berasal dari
Setjen 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing;
Polpum: 3 ekor sapi dan  6 ekor kambing; 
Adwil: 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing;
Otda: 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing;
Keuda: 7 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 7 ekor kambing 3; Bangda: 6 ekor sapi;
BPSDM (gabungan dengan regional): 24 ekor sapi dan 24 ekor kambing;  Itjen: 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing;  BSKDN: 7 ekor sapi dan 9 ekor kambing; Pemdes: 2 ekor sapi; BNPP: 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing: iPDN (Gabung dgn IPDN daerah): 20 ekor sapi dan 73 ekor kambing; Dukcapil: 10 ekor sapi dan 10 ekor kambing; DKPP: 1 ekor sapi; Gabungan Komponen: 1 ekor sapi.

Menurut Fatoni, penyembelihan dan pendistribusian daging hewan kurban kepada mustahik dilaksanakan dengan tiga skema penyembelihan dan pendistribusian.

Pertama  pemotongan hewan kurban melalui Panitia Penyelenggara bertempat di RPH Sumber Rezeki Pondok Rangon Jakarta Timur sebanyak 18 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Pemyerahan hewan kurban dan penyembelihan dipimpin  oleh Sesditjen Keuangan Daerah;

Kedua, pemotongan dan pembagian daging kurban melalui panitia internal komponen termasuk IPDN sebanyak 54 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 103 ekor kambing;

Ketiga, pemotongan dan pembagian secara mandiri sebanyak 20 ekor sapi dan 33 ekor kambing.

Jumlah daging kurban, menurut Fatoni  sebanyak 9.944 pack/ bungkus, terdiri dari 8.150 bungkus daging sapi, 90 bungkus daging kerbau dan 1.704 bungkus daging kambing.

Daging kurban tersebut disalurkan/dibagikan kepada mustahik yaitu: pegawai Golongan I, II, Tenaga Keamanan, Tenaga Kebersihan, Pramusaji, masyarakat sekitar kantor/satker komponen Kemendagri, yayasan dan yayasan yatim piatu.

"Hewan kurban dipastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku di bawah binaan Dinas Pertanian atau Peternakan. Dalam proses penyembelihan, pencacahan, pengemasan dan pembagian paket hewan kurban dilakukan secara higienis dan senantiasa memperhatikan protokol kesehatan," kata Fatoni.###

Leave Your Comments