Kemendagri Berhasil Perjuangkan Formasi Khusus ASN untuk OAP di Propinsi Baru 

Wed 29-Jun-2022 02:20:29 | OTONOMI DAERAH | Admin
Kemendagri Berhasil Perjuangkan Formasi Khusus ASN untuk OAP di Propinsi Baru  Pemerintah diwakili Menkeu, Menteri PPN/KaBappenas, Wamendagri, Wamenhukham dan Pim Komisi II DPR pada Senin, 27/06/2022, menandatangani RUU Hasil Persidangan Tingkat I RUU Pembentukan 3 Propinsi Baru di Papua. Foto: MDNNews
JAKARTA --  Orang Asli Papua (OAP) akan memperoleh keistimewaan  untuk mengisi formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. 

Pemerintah akan memperlonggar batas usia OAP untuk dapat diterima sebagai CPNS dari 35 tahun yang berlaku umum menurut UU, menjadi 50 tahun khusus berlaku untuk OAP di DOB baru. 

"Kalau kita hendak memenuhi 80 persen OAP (untuk mengisi formasi PNS di DOB Papua) dengan hukum yang tersedia, tidak memungkinkan. Kami sangat setuju jika memang UU memberikan ruang afirmasi bagi OAP 50 tahun," kata Dirjen Polpum Kemendagri, Bahtiar, dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi II DPR dengan Menpan RB di Gedung DPR, Selasa, 28 Juni 2022. 

Selain mendorong afirmasi dalam bentuk pelonggaran batas usia, Kemendagri juga mengusulkan agar pelonggaran tersebut menjangkau OAP lebih luas. 

Bila dalam draft RUU pelonggaran batas usia hanya ditujukan pada OAP berstatus honorer dan calon PNS dengan status P3K, Kemendagri mengusulkan agar pelonggaran tersebut juga berlaku untuk OAP di luar kategori tersebut. 

Dengan kata lain, kesempatan untuk menjadi CPNS sampai usia 50 tahun berlaku untuk seluruh OAP. 

"Ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mengutamakan OAP di dalam mengisi formasi ASN dan pejabat di Papua dan propinsi baru," kata Bahtiar. 

Bahtiar berbicara dalam RDP yang membahas RUU tentang Provinsi Papua Selatan, RUU tentang Papua Tengah, dan RUU tentang Provinsi Papua Pegunungan. 

Kehadiran jajaran Menpan RB yang dipimpin oleh Mahfud MD sebagai menperin RAB ad interim, merupakan tindak lanjut dari RDP Komisi II DPR dengan Kemendagri pada Senin, 27 Juni 2022. 

Kemendagri selama ini berada di front terdepan dalam menerima aspirasi masyarakat Papua yang meminta diberikannya afirmasi bagi OAP mengisi formasi PNS di Papua. 

Pada RDP DPR dengan Kemendagri pada hari Senin, isu tentang afirmasi tersebut diangkat yang menyebabkan DPR meminta diadakannya RDP dengan Kemenpan RB.###

Leave Your Comments