Home / Pembangunan Daerah / Pembangunan Bandara Tebelian Sintang Wujud Perhatian Pemerintah Terhadap Wilayah Perbatasan

pembangunan-daerah

Pembangunan Bandara Tebelian Sintang Wujud Perhatian Pemerintah Terhadap Wilayah Perbatasan

Pembangunan Bandara Tebelian Sintang Wujud Perhatian Pemerintah Terhadap Wilayah Perbatasan

Presiden Jokowi didampingi para menteri saat meresmikan Bandara Tebelian, di Kab. Sintang, Kalbar, Rabu (12/8/2021) pagi. (Foto: Ist)


Sintang - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandar Udara Tebelian yang berlokasi di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (08/12/2021) pagi. Nama Tebelian sendiri merupakan nama lain dari Kayu Besi yang menjadi simbol dari bandara ini.

“Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Bandara Tebelian telah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan,” ucap Presiden membuka sambutannya.

Bandara Tebelian yang dibangun dengan menggunakan anggaran sebesar Rp580 miliar ini ditargetkan mampu melayani sebanyak 75 ribu penumpang di setiap tahun.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Tebelian dibangun untuk meningkatkan aksesibilitas, konektivitas, dan mendukung industri perkebunan dan pertambangan, serta industri pariwisata di Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Melawi.

"Bandara ini akan beroperasi kembali mulai 17 Desember 2021, setelah sempat berhenti beroperasi akibat pandemi," tutur Menhub. 

Pembangunan bandara ini adalah wujud perhatian pemerintah terhadap wilayah perbatasan. Kehadirannya diharapkan dapat semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah sekitar.

"Pak Presiden Joko Widodo mengamanatkan kepada kami bahwa bandara-bandara di perbatasan harus diperhatikan secara khusus, agar filosofi untuk mempersatukan Indonesia bisa dijalankan. Inilah wujud Indonesia sentris yang diharapkan," bebernya. Menhub mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komisi V DPR RI, Pemerintah Daerah, dan seluruh pemangku kepentingan terkait, yang telah turut mendukung penyelesaian pembangunan Bandara Tebelian yang dikerjakan sejak tahun 2011, dan terus dilakukan pengembangannya hingga tahun 2020.

Maskapai Wings Air yang akan memulai kembali penerbangan, dengan rute Pontianak-Sintang.  

Sebelumnya jumlah penumpang di Bandara Tebelian mencapai 100 ribu orang per tahun, namun sempat mengalami penurunan penumpang karena terdampak pandemi.
 










Chinese (Simplified) English German Indonesian