Home / Pembangunan Daerah / Gubernur Kalbar Kirim Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Sintang

pembangunan-daerah

Gubernur Kalbar Kirim Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Sintang

Gubernur Kalbar Kirim Bantuan Untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Sintang

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melepas secara simbolis Truk Kebaikan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kamis 28 Oktober 2021. (Foto: Ist)



Pontianak - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji melepas truk kebaikan untuk membawa bantuan dari para donatur yang akan diserahkan kepada korban banjir di Kabupaten Sintang, Kamis 28 Oktober.

Adapun bantuan yang akan disalurkan ke Kabupaten Sintang yakni dua truk beras serta air mineral, minyal, popok bayi, obat dan masker. Pelepasan bantuan dari Pendopo Kalbar pada malam ini langsung menuju Kabupaten Sintang.

Sutarmidji mengatakan bahwa sejauh ini Pemda sudah memberikan bantuan. Bahkan Wagub Ria Norsan juga turun langsung untuk memantau serta menyerahkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Sintang.

Selain itu, Gubernur Sutarmidji juga sudah mengutus Disos Provinsi dan Tagananya untuk mendirikan dapur umum di Sintang.

“Hari ini kita menerima bantuan dari relawan dan para donatur yang akan dibawa ke Sintang,” ujarnya.

Dikatakannya selain itu, Pemprov juga masih mempunyai stok beras dan sembako yang disiapkan untuk membantu masyarakat di masa pandemi.

“Karena banjir jadi kita berikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan. Bantuan beras dari Presiden juga masih ada dan saya suruh bawa kesana dan masih ada stok minyak goreng,” ujarnya.

Sutarmidji mengatakan terkait bencana Banjir yang terjadi di beberapa titik seperti di Kabupaten Sintang untuk penangannya sudah dilakukan sesuai SOP yang jelas.

“Saya sudah arahkan ibu Sekda sebagai Plh Bupatk Sintang dan Wagub sudah berangkat kesana. Lau BPBD dan Dinas Sosial juga sudah disana untuk mendirikan dapur umum,”ungkapnya.

Tak hanya kebutuhan pokok saja, Sutarmidji mengatakan bahwa Pemprov Kalbar juga akan menyuplai obat- obatan jika memang dibutuhkan dan stok di daerah tersebut kurang.

Ditempat yang sama, Manager Dumah Zakat Kalbar, Asrul Putra Nanda yang akan secara langsung ikut menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat yang terdampak banjir di Sintang.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Gubernur Kalbar, seluruh donatur, relawan gabungan, dan seluruh stake holder yang ada, semoga Allah SWT memberikan keberkahan disetiap kebaikan ini, doakan diberikan kemudahan dan kelancaran,”pungkasnya

Sebanyak 12 kecamatan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), terendam banjir. Ketinggian air mencapai hingga dua meter. Kepala Bidang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sintang Sugianto mengatakan, banjir disebabkan hujan deras yang terjadi sejak sepekan terakhir. Akibat hujan tersebut, terang Sugianto, debit air Sungai Melawi dan Sungai Kapuas meningkat. 

"Sampai saat ini, 12 dari 14 kecamatan di Sintang terendam banjir dengan ketinggian 1,5 sampai dua meter," kata Sugianto, Selasa (26/10) lalu. 

Menurut Sugianto, pihaknya telah memperpanjang Surat Keputusan (SK) Tanggap Darurat untuk 30 hari ke depan yang berlaku sejak 19 Oktober hingga 16 November 2021.










Chinese (Simplified) English German Indonesian