Home / Pembangunan Daerah / Tempat Pelelangan Ikan Senilai Rp 100 Miliar Dibangun di Ciparage Karawang

pembangunan-daerah

Tempat Pelelangan Ikan Senilai Rp 100 Miliar Dibangun di Ciparage Karawang

Tempat Pelelangan Ikan Senilai Rp 100 Miliar Dibangun di Ciparage Karawang

Ilustrasi (RadarKarawang)


Karawang - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) baru di Ciparage, Kecamatan Tempuran, Karawang. Pemerintah daerah akan menyiapkan lahan 10 hektar hingga 12 hektar. 

Kemudian, pemerintah daerah bakal melebarkan jalan menuju Ciparage. Pembangunan TPI baru tersebut dilakukan oleh KKP dengan anggaran Rp 100 miliar. 

"Mudah-mudahan di Tahun 2022," kata Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh saat kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di TPI Ciparage, Senin (9/8/2021). 

Aep berharap pembangunan tidak hanya TPI saja, melainkan termasuk sarana produksi olahan ikan dan restoran-restoran ikan. "Kami ingin pembangunan yang terintegrasi dan dapat meningkatkan perekonomial nelayan dan warga sekitar," ujar Aep. 

Ciparage merupakan satu dari 12 TPI di Karawang yang punya potensi ekonomi besar. Pemda Karawang menginginkan supaya lebih berkembang.

"Ciparage ini merupakan TPI terbesar di Karawang, dimana di Karawang ini memiliki 12 TPI. Dan tadi saya mewakili Ibu Bupati, untuk mendampingi Pak Menteri. Pak Menteri akan membantu anggaran pembangunan TPI baru untuk Ciparage," kata Aep. 

Aep mengungkapkan, TPI Ciparage saat ini kondisinya sedikit memprihatinkan. Pasalnya, nelayan mengeluhkan dengan pendangkalan muara. Sehingga diperlukan TPI yang lebih menjorok ke muara. TPI Ciparage sendiri memiliki 267 kapal dengan jumlah nelayan sebanyak 2.834 orang. Semuanya merupakan nelayan harian.
 










Chinese (Simplified) English German Indonesian