Home / Politik dan Umum / Sabet Tiga Penghargaan, Men PAN-RB Nobatkan Kemendagri Lembaga Pendorong Perubahan Terbaik Tahun 2020

Berita

Sabet Tiga Penghargaan, Men PAN-RB Nobatkan Kemendagri Lembaga Pendorong Perubahan Terbaik Tahun 2020

Sabet Tiga Penghargaan, Men PAN-RB Nobatkan Kemendagri Lembaga Pendorong Perubahan Terbaik Tahun 2020

Menteri PAN Reformasi Birokrasi, Tjahyo Kumolo memberikan piagam penghargaan kepada Mendagri Tito Karnavian. (JAKARTA, 25/11/2020)


JAKARTA, 26-11-2020. Kementerian Dalam Negeri berhasil meraih penghargaan tertinggi untuk Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 kategori Pengelola dengan Pendorong Perubahan Terbaik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dalam Daftar Top 15 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2020 yang diumumkan pada Rabu, 25/11/2020, Kementerian Dalam Negeri menjadi satu dari hanya dua kementerian yang meraih penghargaan dalam kompetisi yang diikuti oleh 439 instansi ini. Kementerian lainnya adalah Kementerian Keuangan.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumala kepada Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, pada hari Rabu (25/11/2020), di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta. Selain penghargaan ini, tahun ini Kemendagri juga meraih penghargaan untuk Kategori Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, dengan Judul Inovasi: I-Pop Indonesia`s Population dan Civil Registration Map, dari Kementerian PAN dan RB serta dan Kementerian Informatif Tahun 2020 dari Komisi Informasi Pusat.

"Kami bersyukur dapat meraih ketiga penghargaan ini. Ini tentu kerja keras semua insan Kemendagri di bawah kepemimpinan Mendagri Muhammad Tito Karnavian," kata Sekretaris Jenderal Kemendagri, M. Hudori, dalam keterangan tertulisnya hari ini (26/11/2020).

Ia mengatakan selama setahun ini memang Kemendagri di bawah kepemimpinan Tito Karnavian berada di garis depan menggerakkan 548 Pemda untuk berbagai langkah kebijakan besar. Di antaranya untuk melakukan refokusing dan realokasi APBD 2020 dalam rangka melawan COVID-19. Selain itu, Kemendagri juga berada di depan memfasilitasi peningkatan kapasitas seluruh Pemda dan kepala daerah dalam manajemen pengendalian bencana non alam Covid-19. "Untuk ini Kemendagri telah menerbitkan dan mendistribusikan tiga buku tentang panduan manajemen pengendalian wabah Covid-19 bagi pemerintah daerah di Indonesia," kata Hudori,

Selanjutnya, kemendagri secara antisipatif memberikan dukungan persiapan dan pelaksanaan Pilkada serentak di 270 daerah lewat dukungan DP4, kepastian ketersediaan anggaran lewat skema NHPD, menjaga ketat netralitas ASN dalam Pilkada di daerah, dukungan regulasi dan monitoring dan evaluasi. Kemendagri juga turun ke daerah di tengah-tengah masyarakat bersama TP PKK menggerakkan perubahan perilaku masyarakat untuk aman dari Covid- 19 dengan Gerakan Bersama Mayarakat Memakai Masker (#gebrakmasker).

Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2020 berlangsung dari 14 Agustus 2020 hingga 16 November 2020. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB bersama dengan Ombudsman RI (ORI) dan Kantor Staf Presiden (KSP) didukung oleh United States Agency for International Development (USAID) CEGAH). Dewan Juri terdiri dari Azwar Abubakar (Menteri PAN-RB periode 2011-2014), Adi PRasetya (Wakil Pemimpin Redaksi Berita Satu TV), Metuhia Ganie-Rochman (akademisi), Eva Kusuma SUndari (Praktisi dan Anggota Tim Reformasi Birokrasi Nasional), dan Sad Dian Utomo (Perwakilan LSM).

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian dalam pernyataan tertulis mengatakan penghargaan ini menjadi pendorong bagi Kemendagri untuk meningkatkan kultur birokrasi lebih baik lagi. “Penghargaan ini patut diapresiasi sebagai hasil kerja keras seluruh jajaran Kemendagri, pejabat tinggi Madya dan Pratama serta dukungan semua stakeholder di Pusat dan Daerah” kata Mendagri Tito.

“Perubahan kultur birokrasi Kemendagri masih perlu ditiingkatkan, dari semula pasif dan condong hanya “memerintah” menjadi proaktif dengan paradigma “melayani dan memfasilitasi,” kata Tito.

Selengkapnya Penerima Penghargaan TOP 15 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
Kategori Instansi Pemerintah:
* Pengelola SIstem Pengaduan Pelayanan Terbaik: Pemerintah Kabupaten Demak dan Kabupaten Sleman
*Pengelola dengan Pendorong Perubahan Terbaik: Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat
*Pengelola dengan Perubahan dan Perbaikan Pengelolaan Pengaduan Terbaik: Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul dan Kota Tangerang.
*Pengelola dengan Aspek Keberlanjutan Inisiatif Terbaik: Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kota Madiun

Kategori Outstanding Achievement:
* Pemerintah Kota Bandung.
* Pemerintah Kota Semarang.

Kategori Unit Pengelola Pelayanan
* RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
*Kantor Pertanahan Bogor.
*Ditjen Perbendaharaan Negara, Kementerian Keuangan.

Chinese (Simplified) English German Indonesian
Contact Us