Home / Press & Release / Staf Khusus Menteri Dalam Negeri: Tingkatkan Disiplin Masyarakat dalam Menerapkan Protokol Kesehatan

Berita

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri: Tingkatkan Disiplin Masyarakat dalam Menerapkan Protokol Kesehatan

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri: Tingkatkan Disiplin Masyarakat dalam Menerapkan Protokol Kesehatan

Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media memberikan sambutan pada acara sosialisasi displin protokol pencegahan Covid 19 di Kantor Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam acara yang dihadiri Pemda Kab Lombok Barat, Camat Batu Layar dan para kepala desa, TP PKK Kecamatan Batu Layar, Pusfaker Kemendagri bersama lembaga mitra IRW (Islamic Relief Worldwide) menyerahkan sumbangan 6000 masker untuk dibagikan langsung ke masyarakat.


Batu Layar – Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga, menghimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya di Kabupaten Lombok Barat, untuk bersama-sama disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan, guna mencegah penyebaran Virus Covid19 di masyarakat. “Peningkatan kesadaran masyarakat untuk semakin disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan, harus menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah dan kelompok masyarakat, selain agar mencegah penularan wabah penyakit tersebut, juga dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di suatu daerah yang semakin lesu akibat adanya pandemi ini." Hal tersebut dikatakan Kastorius Sinaga pada Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Pembagian Masker kepada Masyarakat, sebagai bentuk dukungan dalam mensukseskan Program Gebrak Masker yang diinisiasi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat, yang dipimpin oleh Ibu Tri Tito Karnavian, yang diselenggarakan di Kecamatan Batu Layar, Rabu (23/09/2020).

Kastorius menambahkan Pemerintah selalu mensosialisasikan Penerapan Pola Kebiasaan Baru (new normal) kepada masyarakat, yang diharapkan agar masyarakat dapat beradaptasi dengan pola kebiasaan baru tersebut. “Pemerintah mengharapkan agar pemerintah daerah selalu mensosialisasikan pola-pola kebiasaan hidup baru (new normal) kepada masyarakat. Kemendagri telah mengeluarkan beberapa Surat Edaran kepada Kepala Daerah yaitu mengenai Optimalisasi Pelaksanaan Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 di Seluruh Indonesia, Pembentukan Satgas Penanganan Covid-19 di Daerah, dan Penyampaian Kegiatan Pendisiplinan Protokol Kesehatan”, ujarnya. 

 

Kastorius Sinaga bersama jajaran IRW, LSM Lokal Konsepsi, dan Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri turut membagi-bagi masker ke masyarakat secara door to door di Medas Bedugul Desa Taman Sari Kecamatan Batu Layar, Kab Lombok Barat, NTB

Dalam kesempatan tersebut, Kastorius juga membagikan bantuan sejumlah 6.000 masker secara simbolis kepada beberapa perwakilan unsur masyarakat di Kecamatan Batu Layar, serta membagikannya langsung kepada masyarakat secara door to door. Pembagian masker ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran penggunaan masker di masyarakat, sebagai bagian dari protokol kesehatan.

Selain melakukan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan Pembagian Masker kepada masyarakat, Tim Kemendagri juga mengunjungi mengunjungi desa yang menjadi wilayah dampingan Islamic Relief Worldwide (IRW) dalam melakukan budi daya jamur. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk monitoring pelaksanaan kerja sama antara Kemendagri dengan IRW, guna mengukur kemanfaatan pelaksanaan program kerja sama dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Kegiatan Tim Kemendagri di Lombok Barat merupakan bentuk kolaborasi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, dan mitra pembangunan asing, yaitu IRW. “Permasalahan dan tantangan bangsa yang begitu besar tidak mungkin dapat diselesaikan secara parsial, atau sendiri-sendiri, juga tidak mungkin oleh pemerintah sendiri, untuk itu pemerintah selalu mengikutsertakan berbagai pihak dalam membantu menghadapi situasi pandemi Covid-19 di masyarakat”, tambahnya.

Chinese (Simplified) English German Indonesian
Contact Us